14 Tempat Wisata di Lombok Utara yang Memukau

Posted on

Tempat Wisata di Lombok Utara – Lombok memang menjadi salah satu destinasi wisata favorit para turis baik turis domestic maupun turis mancanegara. Lokasinya yang sangat strategis, yaitu berdekatan dengan Pulau Bali, menjadikan Lombok lebih mudah diakses oleh para turis. Alamnya yang sangat indah serta aneka ragam flora dan fauna-nya semakin membuat Lombok menjadi kawasan yang sangat populer dalam waktu singkat. Kawasan tempat wisata di Lombok terdiri dari beberapa kabupaten. Tiap kabupaten memiliki objek-objek wisata unggulan yang pastinya selalu ramai dikunjungi oleh para turis. Sebut saja Kabupaten Lombok Utara.

Berikut 14 tempat wisata di Lombok Utara:

Air Terjun Sendang Gila

Air Terjun Sendang Gila
Air Terjun Sendang Gila

Air Terjun Sendang Gila merupakan bagian dari kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani. Ribuan turis tercatat telah mengunjungi air terjun ini dalam kurun waktu satu tahun. Bisa dibilang, Air Terjun Sendang Gila ini menjadi destinasi wisata yang paling  populer di kawasan taman nasional Gunung Rinjani. Air terjun dengan pemandangan alam yang sangat indah ini berada 600 meter di atas permukaan air laut. Pengunjung harus melewati jalan setapak untuk menuju air terjun ini. Rute perjalanan dimulai dari Desa Senaru. Aksesnya tidak terlalu sulit dan hanya dibutuhkan waktu tempuh 20 menit saja untuk dapat sampai di air terjun ini.

Namun jika ditempuh dari Kota Mataram, pengunjung harus menempuh waktu perjalanan yang cukup lama, yaitu 2 jam. Sesampainya di air terjun ini, para pengunjung akan disuguhi air terjun setinggi 31 meter lengkap dengan pemandangan hijau nan sejuk dan segar di sekelilingnya. Nuansa alami begitu kental di sini. Cocok sekali untuk anda yang merindukan suasana tenang dan dekat dengan alam.

Apalagi suasana dingin akibat percikan air dari air terjun menjadikan tubuh dan pikiran terasa nyaman dan  damai. Ada yang unik dari objek wisata alam yang satu ini, yaitu anak tangga sebanyak 315 buah yang disusun sebagai akses untuk menuju ke air terjun ini. Pengunjung membutuhkan waktu sekitar 10 hingga 20 menit untuk menuruni anak tangga ini hingga sampai di ujung tangga. Kemudian para penduduk lokal juga percaya bahwa air pada Air Terjun Sendang Gila ini dapat menjadikan siapapun yang membasuh atau meminumnya akan terus awet muda.

Air Terjun Tiu Kelep

Wisata Air Terjun Tiu Kelep di Lombok Utara
Wisata Air Terjun Tiu Kelep di Lombok Utara

Kabupaten Lombok Utara memang terkenal sebagai gudangnya air terjun. Pasalnya cukup banyak air terjun cantik yang dapat dijumpai di sini. Sebut saja contohnya Air Terjun Tiu Kelep . Air terjun ini sangat populer dan masuk dalam 14 tempat wisata di Lombok Utara yang paling sering dikunjungi oleh para turis. Air terjun ini sangat terkenal dengan kejernihan dan kesegaran airnya. Dari kejauhan saja, para pengunjung dapat mendengar suara air terjunnya. Sama halnya dengan air terjun pada umumnya, Air Terjun Tiu Kelep ini dihiasi dengan berbagai jenis tumbuhan hijau dan pepohonan di sekelilingnya. Lokasinya juga sangat dekat dengan Air Terjun Sendang Gila. Jaraknya hanya 1 km saja. objek wisata alam sangat cocok untuk anda yang ingin melepas penat dan beban pikiran anda akibat aktivitas sehari-hari anda.

Air Terjun Gangga

Tempat Wisata Air Terjun Gangga di Lombok Utara
Tempat Wisata Air Terjun Gangga di Lombok Utara

Satu dari 14 tempat wisata di Lombok Utara selanjutnya adalah Air Terjun Gangga. Dari kejauhan saja Air Terjun Gangga ini terlihat begitu indah. Campuran warna hijau dan biru akan menyejukan mata para pengunjung. Bagaimana tidak, hijaunya pepohonan yang mengelilingi air terjun serta birunya air genangan air terjun sungguh menjadi perpaduan keindahan alam yang sangat sempurna. Air terlihat berwarna biru karena memang sangat jernih. Air terjunnya sendiri terlihat begitu unik. Pasalnya terdapat 2 tingkatan dan tiga lokasi air terjun, yaitu dua buah air  terjun di atas dan sebuah air terjun di bawahnya. Pemandangan alam yang menakijubkan juga dapat dijumpai dari atas air terjun.

Hamparan perbukitan, area persawahan, dan lautan lepas menjadi penyejuk mata dan penyegar pikiran para pengunjung.  Rasa lelah yang menghinggapi tubuh para pengunjung saat berangkat menuju ke Air Terjun Gangga ini akan terbayarkan dengan pemandangan dan suasana alami yang begitu menakjubkan. Lantas, bagaimana caranya untuk dapat sampai di objek wisata ala mini? Para pengunjung dapat menggunakan kendaraan roda atau kendaraan roda empat dari Kota Mataram. Waktu tempuh yang dibutuhkan untuk melakukan perjalanan dari Mataram hingga ke lokasi Air Terjun Gangga ini sekitar 1.5 jam dengan jarak tempuh sekitar 50 km.

Air Terjun Tiu Pupus

Tempat Wisata Air Terjun Tiu Pupus di Lombok Utara
Air Terjun Tiu Pupus di Lombok Utara

Air Terjun Tiu Pupus dapat capai dengan menggunakan kendaraan roda 2 ataupun kendaraan roda empat dari Desa Gondang. Air terjun ini berasal dari sumber mata air yang meluncur dan menjadi air terjun dengan genangan air di bawahnya. Genangan air terjun ini mirip kolam renang dengan air yang sangat jernih. Bagi anda yang suka dengan tantangan, perjalanan menuju air terjun ini akan terasa lebih menarik lagi jika anda bertolak dari kampung Sasak Kerukak. Dengan waktu tempuh hanya setengah jam saja dari Air Terjun Tiu Pupus ini, anda sudah sampai di Air Terjun Gangga yang mempunyai 3 air terjun yang sangat indah.

Pantai Sire

Wisata Pantai Sire di Lombok Utara
Wisata Pantai Sire di Lombok Utara

Nah, kali ini anda akan diajak untuk membayangkan keindahan Pantai Sire, satu dari 14 tempat wisata di Lombok Utara yang sangat populer dan sering dijadikan destinasi wisata favorit para turis. Pantai Sire ini berpasir putih bersih dan di pinggir pantainya dipenuhi dengan barisan pepohonan. Dijamin para pengunjung tidak akan merasa bosan meski hanya menyaksikan keindahan alam bahari di Tanah Lombok ini. kejernihan air lautnya sudah pasti akan memancing anda untuk berenang, diving, dan snorkeling di pantai ini.

Hamparan terumbu karang tumbuh subur di lautan dalam Pantai Sire ini. Termbu-terumbu karang ini menjadi rumah yang nyaman bagi berbagai jenis ikan dan makhluk laut lainnya. yang unik dari Pantai Sire ini adalah aksesnya di mana sebelum pengunjung tiba di pantai ini, para pengunjung sebelumnya akan disuguhkan sebuah lapangan golf yang terbentang luas, hijau, dan indah. Tak jarang banyak pengunjung yang tertarik untuk bermain golf terlebih dahulu baru kemudian melanjutkan perjalanan mereka menuju ke objek wisata Pantai Sire.

Pantai Lokok Piko

Tempat Wisata Pantai Loko Piko Lombok Utara
Pantai Loko Piko

Satu dari 14 tempat wisata di Lombok Utara berikutnya adalah Pantai Lokok Piko. Berbeda dengan Pantai Sire, Pantai Lokok Piko ini berpasir hitam. Meski begitu, pemandangan di sekitarnya sangat indah. Deretan pohon kelapa di sepanjang tepi pantai semakin menambah nuansa alami di pantai ini. Ada juga beberapa gerombol semak-semak yang dapat dijumpai di tepi pantai. Air pantainya berwarna biru dan berombak kecil. Topografi pantainya sangat landai sehingga sangat aman bagi anda untuk berenang atau hanya bermain-main dengan ombak pantai. Gulungan awan di langit biru semakin menyempurnakan keindahan alam pantai yang sudah ada. Suasana yang sepi karena memang tidak banyak pengunjung yang dapat semakin membuat pantai ini seolah seperti milik pribadi. Jumlah pengunjung yang tidak banyak ternyata membuahkan dampak yang positif bagi alam pantai ini. Mengapa? Tidak ada satu pun sampah berserakan di area pantai ini.

Gunung Rinjani

Tempat Wisata Gunung Rinjani di Lombok Utara
Gunung Rinjani

Gunung Rinjani memiliki sebuah lembah gunung yang sangat indah. Di sini anda tidak akan sulit menjumpai penginapan yang nyaman. Penginapan-penginapan ini sengaja didesain dengan mengadopsi konsep desain tradisional berupa bangunan tradisional lumbung. Di dekat penginapan, terdapat juga pasar tradisonal yang cukup lengkap. Kolam renang dengan sumber air dari mata air pegunungan serta restoran yang berlokasi di atas bukit turut dibangun untuk memenuhi kebutuhan para pengunjung sedang berlibur di kawasan wisata lembah gunung Rinjani.

Gunung Baru (Gunung Barujari)

Gunung Barujari
Gunung Barujari di Lombok Utara

Gunung Baru/ Gunung Barujari mempunyai kawah dengan ukuran 170 m x 200 m. Ketinggian kawah ini 2.296 hingga 2.376 meter di atas permukaan air laut. Gunung vulkanik yang masih aktif ini pernah meletus pada tahun 2009 lalu, tepatnya bulan Mei tanggal 2. Di tahun 2004, gunung ini juga pernah meletus. Selain itu masih ada Gunung Rombongan yang merupakan gunung vulkanik kecil lainnya yang masuk ke dalam kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani. Baik Gunung Barujari dan Gunung Rombongan sering dijadikan sebagai destinasi utama para pendaki gunung, khususnya mereka para pendaki pemula. Akses untuk mencapai puncak Gunung Rombongan dan Gunung Barujari tidaklah sesulit akses mendaki terdapat di Gunung Rinjani.

Segara Anak

Tempat Wisata Segara Anak Lombok Utara
Segara Anak Gunung Rinjani

Segara Anak terbentuk di area kaldera Gunung Rinjani. Segara Anak merupakan sebuah danau dengan luas 11 juta meter persegi. Kedalaman danau yang terbentuk akibat aktivitas vulkanik ini sekitar 230 meter. Air yang bersumber dari Segara Anak ini  memancar dan mengalir kemudian membentuk air terjun yang sangat indah. Kegiatan yang asik dikerjakan di Anak Segara ini adalah memancing. Pasalnya danau vulkanik ini penuh dengan ikan mujair dan ikan mas. Bagian Selatan Segara Anak ini disebut Segara Endut oleh penduduk lokal.

Desa Gumantar

Desa Gumantar Lombok Utara
Desa Gumantar Lombok Utara

Dari 14 tempat wisata di Lombok Utara, mungkin tempat wisata yang satu ini bisa dibilang sangat berbeda. Kali ini anda tidak akan diajak untuk membayangkan keindahan alam ciptaan Yang Maha Kuasa, melainkan ciptaan manusia yang disebut budaya dan tradisi. Adalah Gumantar, sebuah desa yang menjadi bagian dari Kecamatan Kayangan, Kabupaten Lombok Utara, menjadi daya tarik tersendiri bagi para turis, baik turis domestic maupun turis mancanegara.

Desa ini hingga sekarang masih mempertahankan tradisi dan adat istiadat peninggalan leluhur. Dusun Dasan Beleq adalah pusat kegiatan kemasyarakatan yang kental dengan tradisi. Penduduk asli Dusun Dasan Beleq menganut agama Islam. Bahkan nuansa islami di dusun ini begitu kental. Hal ini dibuktikan dengan adanya situs-situs peninggalan Islam, yaitu berupa sebuah masjid yang sangat kuno. Masjid kuno ini dulunya dibangun oleh para wali dan ulama setempat. Peninggalan bersejarah lainnya yang ada kaitannya dengan masa penyebaran agama Islam di dusun ini adalah Bale Bangar Gubuq yang disebut warga setempat dengan nama Pagalan.

Bangunan Bale ini berada di tengah Dusun Dasan Beleq. Ukuran bangunan Bale ini terbilang cukup kecil, yaitu hanya 5×5 meter saja. Selain Bale Bangar Beleq, ada satu lagi situs bangunan bersejarah yang dapat dijumpai di Dusun Dasan Beleq, yaitu Bale Adat. Bale Adat ini terbuat dari bambu yang dianyam. Semua bagian bangunan terbuat dari bambu. Di sebelah Barat Bale Adat terdapat sebuah bangunan bersejarah lainnya yang dinamakan Berugak Agung. Fungsi dari ruangan ini adalah sebagai tempat persinggahan dan tempat penyimpanan sesaji  untuk upacara adat.

Masjid Kuno Bayan

Masjid Kuno Bayan di Lombok Utara
Masjid Kuno Bayan di Lombok Utara

Masjid Kuno Bayan  merupakan masjid tertua bagi masyarakat Bayan, Kabupaten Lombok Utara. Masyarakat Bayan sendiri adalah pemeluk Islam dengan campuran adat Watu Telu yang hanya bisa ditemukan di Lombok saja. Watu Telu adalah ajaran kombinasi antara ajaran Islam, elemen-elemen yang ada di ajaran Hindu, dan ajaran kepercayaan masyarakat Sasak tradisional. Masyarakat Bayan sering mengadakan upacara-upacara tradisional yang kerap mengundang minat para turis. Sebut saja upacara yang ada kaitannya dengan kegiatan bercocok tanam dan bertani. Pusat pelaksanaan upacara-upacara tradisional ini biasanya diadakan di Masjid Kuno Bayan.

Sayur Ares dan Sate Ikan khas Tanjung

Wisata Kuliner Sayur Ares Lombok Utara
Sayur Ares

Dua jenis menu khas Kabupaten Lombok Utara ini bahkan menjadi trademark  pariwisata Lombok Utara. Rasanya sangat lezat. Saus mayonesnya mampu penikmat ikan ketagihan. Mulanya kuliner sate ikan khas Tanjung ini hanya dibuat oleh masyarakat Tanjung saja. Makanan yang berbahan dasar ikan ini adalah hidangan istimewa yang  tadinya hanya dihidangkan di hari-hari spesial saja seperti Hari Raya Idul Fitri, Hari Raya Idul Adha, dan di pesta pernikahan saja. Namun kini setiap hari menu lezat ini selalu dihidangkan untuk para turis yang sedang berlibur di Tanah Lombok Utara. Bahkan sebagian besar hotel mewah yang ada di Kota Mataram turut memasukan sate ikan khas Tanjung sebagai salah satu menu utama untuk para tamu.

Gili Meno, Gili Air, dan Gili Trawangan

Siapa yang tidak kenal dengan tiga Gili ini. Benar sekali, Gili Meno, Gili Air, dan Gili Trawangan bisa diibaratkan sebagai primadona-nya Kabupaten Lombok Utara. Ketiga Gili ini sudah pasti masuk dalam list 14 tempat wisata di Lombok Utara yang wajib dikunjungi. Gili Trawangan bahkan telah mendunia dan sering disamakan dengan beberapa wisata bahari di Pulau Dewata. Tak heran jika banyak turis, khususnya turis mancanegara yang terus berdatangan ke Gili Trawangan ini.

Di sini, para turis dapat menjumpai keindahan alam bahari serta pulau-pulau kecil. Banyak juga pusat penjualan souvenir khas Lombok yang dijajakan pada para turis. Dan yang pasti souvenir-souvenir ini unik, asli buatan penduduk lokal, murah, dan yang jelas khas Lombok.  Banyak turis yang gemar diving, snorkeling, dan hanya berenang di Gili Trawangan. Di Gili ini para turis juga dapat memilih tempat penginapan yang diinginkan. Terdapat beragam kelas tempat penginapan di sini, mulai dari  yang bertarif murah hingga bertarif mahal.

 Kabupaten Lombok Utara dapat diakses melalui jalur udara dan laut. Bagi anda yang ingin menggunakan jalur laut, anda perlu menggunakan feri untuk menyeberang dari Pulau Bali menuju ke Lombok. Sedang jalur darat bisa langsung sampai di bandar udara yang ada di Lombok. Bagaimana? Tertarik untuk segera berlibur ke Lombok Utara? Jika iya segera persiapkan segala sesuatunya agar liburan anda kelak di Lombok ini lancar dan menyenangkan. Demikian info singkat seputar 14 tempat wisata di Lombok Utara. Semoga info ini bermanfaat bagi anda.

11 thoughts on “14 Tempat Wisata di Lombok Utara yang Memukau

  1. kami sudah banyak mengunjungi pantai di lombok keindahannya sangat luar biasa sehingga membuat kami enggan balik lagi ke kalimantan

  2. Sayangnya transportasi umum susah di lombok. Hal yg perlu diperhatikan lagi adalah kebersihan toilet. Banyak toilet kotor ditempat wisata.

  3. Pantai malaka dengan sunsetnya yg luar biasa.kenapa tidak dimasukkan dalam obyek wisata?saya aslii lombok utara, meninggalkan lombok th 1961.kemarin 30/12 berkesempatan lihat sunset dilokasi itu indah sekali.Bersyukur kpd Allah KLU dikaruniai alam yg begitu potensial utk pariwisata

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *